Minggu, 13 Januari 2013

kelebihan dan kekurangan di microsoft dan di linux

Di dunia rekayasa perangkat lunak tidak dapat dipungkiri bahwa microsoft telah memberikan andil yang cukup besar didalam industri teknologi dan informasi.  Produk yang telah dihasilkan microsoft telah dapat kita nikmati hingga saat ini, bahkan hampir semua produk microsoft telah dapat terintegrasi dengan baik.Dengan keunggulan tersebut bukan berarti microsft tidak memiliki kelemahan atau kekurangan, produk-produk yang dihasilkan microsoft juga memiliki kekurangan, untuk itu saya akan coba mengupas apa kelebihan dan kekurangan dari produk microsoft yang ada saat ini dan membandingakannya dengan produk lain yang sejenis.

Sistem Operasi

Sistem Operasi......
yang dimiliki microsoft saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan diseluruh dunia, produk sistem operasi microsoft yang lebih kita kenal sebagai “Micosoft Windows” merupakan sistem operasi yang cukup mudah, varian dari windows juga cukup banyak, mulai dari sistem operasi yang diperuntukkan bagi end user, professional, hingga sistem operasi untuk server.  Selain microsoft windows sistem operasi lain yang kita kenal adalah Linux yang berbasis Unix, sistem operasi ini juga cukup banyak digunakan. Kelebihan dan kekurangan dari Windows dan Linux antara lain:

Kelebihan Microsoft Windows

  • Microsoft telah membuat beberapa kemajuan dan perubahan yang membuatnya menjadi jauh lebih mudah dalam menggunakan Sistem Operasi, meskipun hal ini masih dapat diperdebatkan namun sistem operasi Microsoft Windows masih jauh lebih mudah dibandingkan dengan Linux.
  • Perangkat lunak serta alat bantu lain yang tersedia untuk sistem operasi Windows lebih banyak dan lebih besar, sehingga memudahkan penggunanya dalam melakukan aktivitas.
  • Microsoft Windows memiliki team support sendiri serta memiliki banyak dokumentasi, baik yang sifatnya offline maupun online yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan Windows, selain itu banyak juga tersedia buku dan tutorial lainnya untuk masing-masing versi windows.

Kelebihan Linux

  • Mayoritas varian atau distro dari linux adalah gratis, kalaupun ada varian dari linux yang berbayar, harga dari lisensi yang harus dibayar masih jauh lebih murah dibandingkan Windows.
  • Linux merupakan sistem operasi yang relatif cukup aman, bukan berarti sistem operasi Linux tidak bebas dari virus dan serangan lainnya, namun jauh lebih aman dibandingkan dengan Microsoft Windows.
  • Mayoritas Sistem Operasi Linux lebih handal, Linux dapat dioperasikan berbulan tanpa perlu dilakukan restart.

Kekurangan Microsoft

  • Microsoft windows merpakan sistem operasi yang relatif mahal. Lisensi untuk Microsoft Windows antara $ 50.00 hingga $ 150,00 dollar AS per setiap lisensi
  • meskipun pihak Microsoft Windows telah melakukan perbaikan keamanan terhadap sistem namun hingga saat ini windows masih rentan terhadap serangan virus dan keamanan sistem.
  • Hal ini mungkin masih dapat diperdepatkan, namun dari sisi ketangguhan, meskipun telah banyak perbaikan dan pengembangan dari pihak Microsoft, sistem operasi Windows masih belum setangguh Linux.

Kekurangan Linux

  • Dalam hal kemudahan penggunaan, Linux masih merupakan Sistem Operasi yang tidak mudah untuk digunakan, dan user yang dapat mengoperasikan Linux tidak sebanyak Windows.
  • Ketersediaan perangkat lunak dan alat bantu lainnya cukup banyak, namun terkadang pilihannya terbatas dan tidak sebanyak Microsoft Windows.
  • Keterbatasan dan ketersediaan dukungan hardware dalam hal driver cukup sedikit, beberapa perusahaan penyedia perangkat keras terkadang tidak menyediakan driver atau dukungan untuk perangkat keras sistem operasi Linux.

Sistem Manajemen Basisdata (DBMS)

Sebuah sistem manajemen basisdata atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai database management system (DBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang didisain untuk mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya. Contoh penggunaan DBMS ada banyak sekali dan dalam berbagai bidang kerja, misalnya akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Meskipun pada awalnya DBMS hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan berskala besar yang memiliki perangkat komputer yang sesuai dengan spesifikasi standar yang dibutuhkan (pada saat itu standar yang diminta dapat dikatakan sangat tinggi) untuk mendukung jumlah data yang besar, saat ini implementasinya sudah sangat banyak dan adaptatif dengan kebutuhan spesifikasi data yang rasional sehinggal dapat dimiliki dan diimplementasikan oleh segala kalangan sebagai bagian dari investasi perusahaan.
Produk dari DBMS antara lain: Microsoft SQL Server, Oracle, dan masih banyak lagi. Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk antara lain:

Kelebihan Microsoft SQL Server

  • Sistem Basis Data dengan level Enterprise, Microsoft SQL Server termasuk DBMS profesional. Beberapa pesaing seperti MySQL, Oracle, telah mengembangkan software serupa dalam beberapa tahun terakhir, tetapi Microsoft SQL Server lebih mudah digunakan dan memiliki lebih banyak fitur. Pemicunya antara lain adalah dukungan penuh dari Microsoft. Perangkat lunak yang ditawarkan oleh Microsoft juga menawarkan integrasi yang erat dengan .NET framework, dan ini tidak dimiliki oleh produk lain.
  • Penanganan data korup, Data yang korup selalu menjadi pusat perhatian ketika Perangkat keras dan perangkat lunak tidak dapat bekerja dengan optimal sebagaimana mestinya. Microsoft SQL Server memiliki sejumlah fitur dalam restorasi data dan pemulihan data. Meskipun beberapa tabel individu tidak dapat didukung atau dikembalikan, namun pilihan database yang lengkap dan restorasi yang tersedia dalam SQL Server sangat membantu . Melalui penggunaan file log, cache, dan backup, produk Microsoft yang memungkinkan Anda untuk merasa yakin bahwa ada banyak pilihan dalam menangani bencan.
  • Installasi yang effisien, Microsoft SQL Server dapat diinstal dengan dengan mudah, installer juga mendeteksi, download dan menginstal update yang diperlukan dalam prasyarat installasi SQL Server. Fitur-fitur ini mengurangi kompleksitas dalam menginstal perangkat lunak. Komponen individu seperti Database Services, Analysis Services dan Integration Services juga dapat diinstal secara terpisah. SQL Server 2008 juga secara otomatis dapat melakukan update patch keamanan untuk mengurangi biaya pemeliharaan.
  • Fitur Kinerja yang lebih baik, Microsoft SQL Server 2008 memiliki kompresi dan enkripsi data transparan built in, sehingga tidak perlu untuk memodifikasi atau mengubah program untuk mengenkripsi data. SQL Server 2008 memiliki kontrol akses yang lebih efisien dan alat izin manajemen dan menawarkan kinerja yang lebih baik dalam pengumpulan data. SQL Server 2008 juga terintegrasi dengan Microsoft Office dan produk microsoft lainnya.
  • Fitur Keamanan yang lebih baik, SQL Server 2008 memiliki otentikasi yang kuat dan perlindungan akses serta memiliki fitur manajemen password yang lebih baik. SQL Server 2008 menggunakan Kebijakan Manajemen Berbasis untuk mendeteksi ketidakpatuhan kebijakan keamanan, yang memungkinkan hanya personil yang berwenang akses ke database. Keamanan audit dan peristiwa dapat ditulis secara otomatis ke log file.
  • Menurunkan biaya kepemilikan, modul-modul dalam SQL Server 2008 termasuk Kompresi Lanjutan, alat manajemen data, partisi disk, alat data mining, Pelaporan Enterprise, dan Advanced Security tanpa biaya tambahan. SQL Server 2008 juga kompatibel dengan SQL Server 2000 dan 2005, sehingga tidak perlu memperbarui atau meng-upgrade setiap komputer.
  • Fakta, beberapa korporasi seperti Unilever, HM Sampoerna, Phillip Morris, dan Siemens menggunakan Microsoft SQL Server 2008. SQL Server 2008 diakui sebagai Best Seller dan Pertumbuhan Terbaik oleh majalah CRN.

Kekurangan Microsoft SQL Server

  • Biaya,  Salah satu kelemahan utama untuk menggunakan Microsoft SQL Server adalah karena SQL Server bukan sistem manajemen database relasional alternatif, pilihan lisensi yang ada cukup mahal. Meskipun menggunakan perangkat lunak untuk pengembangan atau tujuan pendidikan adalah gratis, namun dalam penggunaan bisnis ada biaya lisensi. Untuk SQL Server 2008, misalnya, SQL Server Standard Edition biaya $ 7.171 per prosesor. SQL Server Datacenter edisi yang $ 54.990 per prosesor, menurut situs Microsoft.
  • Kompatibilitas yang terbatas, Microsoft SQL Server hanya dirancang untuk berjalan pada server berbasis Windows. Untuk berbagai alasan, termasuk biaya lisensi dan masalah keamanan. Selain tidak mampu berjalan di platform non-Windows, terkadang ada juga masalah kompatibilitas tentang interaksi dengan aplikasi yang berjalan pada platform lainnya.
  • Perangkat Keras, Versi SQL Server dapat diinstal pada peralatan hardware yang lebih tua, tapi rilis baru dari aplikasi yang memerlukan teknologi yang lebih canggih untuk mendukung sumber daya yang dibutuhkan oleh database. SQL Server juga membutuhkan NET framework. Diinstal pada mesin, yang merupakan komponen terpisah yang digunakan oleh pengembang. Jika perusahaan berencana untuk memiliki database yang sangat besar, hard drive juga membutuhkan jumlah yang tepat ruang di samping gigabyte ruang yang diperlukan untuk mesin database sendiri.

Kelebihan Oracle

  • Kepuasan Pelanggan, Salah satu keuntungan menggunakan database Oracle adalah karena pelayanan Oracle dalam melayani kepuasan pelanggan. Sebagai contoh, semua database Oracle yang kompatibel. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meng-upgrade sistem mereka tanpa melakukan perombakan total pada sistem database mereka. Hal ini membuat update menjadi lebih efisien dan rendah biaya. Selain itu, versi terbaru dari database Oracle menyediakan fitur baru sementara untuk menjaga fitur populer dari versi lama. Hal ini memastikan bahwa produk mereka didasarkan pada fungsi pelanggan daripada apa adalah biaya-efektif untuk Oracle.
  • Fungsi, Database Oracle yang digunakan untuk hampir semua aplikasi di tingkat perusahaan. Dengan demikian, database Oracle mendominasi industri perbankan. Sepuluh bank top dunia menggunakan database Oracle untuk melakukan bisnis mereka. Hal ini terutama karena fungsi Oracle. Mereka menyediakan kombinasi tinggi tingkat teknologi dan solusi bisnis yang terintegrasi. Ini adalah sempurna untuk hampir semua perusahaan yang memiliki data dalam jumlah besar untuk menyimpan dan mengakses.
  • Handal, Keuntungan lain yang tidak kalah penting yang ditawarkan oleh database Oracle adalah kehandalan mereka. Oracle adalah database yang memberikan kinerja yang sangat baik ketika ditantang dengan tugas-tugas berat. Seperti Tes ASAM, yang merupakan alat penting yang digunakan untuk memastikan integritas data yang tersimpan, dengan mudah disahkan oleh database Oracle. Tes ini penting karena dapat diandalkan penyimpanan data adalah tujuan utama dari database. Dengan demikian, database Oracle telah terbukti memberikan integritas yang tinggi penyimpanan data.
  • Teknologi Flashback, Database Oracle menggabungkan teknologi Flashback, yang merupakan keuntungan yang signifikan. Dalam suatu hal outage pada aplikasi yang dikarenakan sejumlah alasan, menjadi penting untuk tidak kehilangan data yang tersimpan pada sistem database. Flashback teknologi Oracle memungkinkan untuk pemulihan data yang efisien salah dihapus atau hilang. Dengan demikian, teknologi Flashback dasarnya menghilangkan kesalahan manusia dan meningkatkan waktu pemulihan database. Pada akhirnya, fitur ini memungkinkan untuk menyederhanakan manajemen dan proses administrasi.

Kelemahan Oracle

  • Ketidakmampuan untuk Melaksanakan Pengolahan Rekursif, Pengolahan Rekursif adalah jenis fungsi komputer (atau program) di mana salah satu langkah dari sebuah program (atau prosedur) tayangan ulang seluruh program (atau prosedur). SQL tidak memiliki konstruksi perulangan yang umum di tingkat tinggi lainnya bahasa pemrograman, seperti untuk dan apa loop. Hal ini tidak dapat mengulangi tindakan dan tidak ada cara untuk mendefinisikan konstruksi perulangan berulang di SQL.
  • Ketidakcocokan dan Kompleksitas, Salah satu kelemahan utama dari Oracle SQL adalah inkonsistensi dan ketidakcocokan data dalam bidang waktu dan sintaks tanggal, penggabungan string dan sensitivitas kasus. Bahasa adalah kompleks, dengan pendekatan kata kunci serupa dalam struktur COBOL (umum berorientasi bisnis bahasa), dengan sintaks yang lebih sedikit dan aturan tata bahasa.
  • Fungsi yang terbatas, SQL adalah bahasa domain yang spesifik atau tujuan khusus, dan penggunaannya terbatas pada domain program khusus. Pernyataan SQL dioperasikan pada tabel dan set data, seperti database personil dan spreadsheet akuntansi. SQL adalah bahasa deklaratif domain tertentu yang terbatas pada representasi data dalam bentuk tabel.

Kerangka Kerja (Framework)

Dalam pemrograman komputer, sebuah kerangka kerja perangkat lunak merupakan abstraksi di mana perangkat lunak yang menyediakan fungsionalitas generik dapat selektif diubah oleh kode pengguna, sehingga memberikan perangkat lunak aplikasi tertentu. Ini adalah koleksi library perangkat lunak yang menyediakan antarmuka pemrograman aplikasi terdefinisikan (API). kerangka kerja yang sering digunakan oleh para pengembang perangkat antara lain .Net Framework. Berikut Kelebihan dan Kekurangannya:

Kelebihan .NET Framework

  • Sederhana, .Net Framework dirancang agar mudah untuk digunakan dan karena itu mudah untuk menulis, kompilasi, debug, dan belajar dari bahasa pemrograman lain. Alasan bahwa mengapa .Net Framework menggunakan alokasi memori secara otomatis dan pengumpulan sampah.
  • Berorientasi object, .Net Frameworkadalah berorientasi objek karena pemrograman di .Net Framework berpusat pada membuat objek, memanipulasi objek, dan membuat object tersebut bekerja sama. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat program modular dan kode dapat digunakan kembali.
  • Potensi Multi-platform, Seperti halnya Java, Microsoft berniat untuk membuat. NET tersedia sebagai antarmuka multiplatform, artinya dapat beroperasi pada sistem operasi apapun yang menginstal versi sendiri. NET. Sistem operasi tersebut dapat mengaitkan fungsi sendiri ke perpustakaan NET. Dengan cara yang sama untuk panggilan fungsi tertentu pada setiap program. NET juga akan memanggil fungsi operasi-sistem yang terkait. Dengan cara ini, programmer tidak perlu belajar set baru panggilan untuk setiap sistem operasi, juga tidak harus port program mereka, membuat mereka lebih membengkak.
  • Rapid Development, Microsoft .NET Framework menyediakan implementasi interface grafis yang mudah untuk lingkungan pengembangan, membiarkan programmer desain jendela mereka tanpa menulis kode apapun untuk menghasilkan kontrol mereka. Hal ini perkembangan pesat memungkinkan perusahaan untuk lebih banyak keuntungan ketika waktu yang dihabiskan untuk proyek berkaitan langsung dengan keuntungan. Banyak perusahaan besar mulai menuntut .NET programmer. Dan melakukan jauh dengan bahasa pemrograman lama.
  • Open Source, Hampir setiap orang dapat membuat perubahan ke NET Framework. Atau mempelajari lebih lanjut tentang fungsi mereka gunakan dengan melihat kode sumbernya. Sistem operasi pengembang dapat menggunakan sumber NET. Untuk melaksanakan fungsi dalam sistem operasi mereka sendiri, memperluas jangkauan arsitektur pemrograman Microsoft. Pada 2010, kerangka. NET telah mencapai Mac OSX, BSD, Linux, Solaris dan sistem operasi lainnya melalui antarmuka Mono Novell.

Kelemahan .NET Framework

  • Penggunaan Memory, Penggunaan Memory pada beberapa class pada .NET Framework belum optimal, sehingga menyebabkan applikasi yang dibangun dengan menggunakan .NET Framework membutuhkan memory yang cukup besar.
  • Lambat,  Applikasi yang dibangun menggunakan .NET Framework lebih lambat jika dibandingkan dengan pemrogramman native



Tidak ada komentar:

Posting Komentar